Sahabat Disabilitas

Removing barriers to create an inclusive and accessible society for all

Sejarah Hipendis

leave a comment »

Pada tahun 1976, Majelis Umum PBB menyatakan tahun 1981 sebagai Tahun Internasional Penyandang Disabilitas (TIPD). Hal itu bertujuan untuk menyerukan rencana aksi di tingkat nasional, regional dan internasional dengan penekanan pada pemerataan kesempatan, rehabilitasi dan pencegahan disabilitas.

Tema TIPD tersebut adalah “Partisipasi Penuh dan Kesetaraan”, didefinisikan sebagai hak para penyandang disabilitas untuk mengambil bagian secara penuh dalam kehidupan masyarakat dan pengembangan diri mereka, menikmati kondisi hidup yang setara dengan warga negara lain, dan memiliki bagian yang sama dalam perbaikan kondisi yang dihasilkan dari pembangunan sosial-ekonomi.

Kemudian pada tahun 1992, PBB mempromosikan Hari Internasional Penyandang Disabilitas (Hipendis) yang diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan Hipendis bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang isu-isu disabilitas dan memobilisasi dukungan untuk hak, martabat, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keuntungan yang akan diperoleh dari integrasi para penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi dan budaya.

Written by sahabatdisabilitas

December 3, 2012 at 2:00 am

Posted in Sejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: