Sahabat Disabilitas

Removing barriers to create an inclusive and accessible society for all

Bagaimana cara anda berkontribusi untuk mendukung aksesibilitas penyandang disabilitas?

leave a comment »

  • Menerima kehadiran penyandang disabilitas dalam lingkungan sosial.
  • Memahami bahwa penyandang disabilitas bukanlah orang yang tidak berdaya. Mereka perlu mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka.
  • Memfasilitasi kebutuhan–kebutuhan penyandang disabilitas dalam ruang gerak sosial dan pekerjaan.
  • Melibatkan penyandang disabilitas dalam kegiatan–kegiatan kemasyarakatan sehingga mereka juga merasa terlibat, merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya.
  • Membantu menyebrangkan jalan bagi penyandang tuna netra dan penyandang disabilitas lainnya yang memerlukan bantuan
  • Pihak-pihak terkait, para pemangku kebijakan dan para pengusaha dapat lebih memikirkan dalam penyediaan aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas. Baik itu berbentuk fisik maupun nonfisik. Aksesibilitas berbentuk fisik pada sarana dan pra sarana umum meliputi bangunan umum seperti rumah sakit, museum, mall, jalan umum, pertamanan dan pemakaman umum dan pada angkutan umum.

Bentuk dukungan aksesibilitas pada bangunan umum dapat dilaksanakan dengan menyediakan akses ke, dari dan di dalam bangunan; pintu, tangga, lift khusus untuk bangunan bertingkat, tempat parkir dan tempat naik turun penumpang, toilet, tempat minum, tempat telepon, peringatan darurat, dan tanda-tanda (signage) lainnya.

Aksesibilitas pada jalan umum dilaksanakan dengan menyediakan akses ke dan dari jalan umum, akses ke tempat pem-berhentian bus/kendaraan, jembatan penyebrangan, jalur penyebrangan bagi pejalan kaki, tempat parkir dan naik turun penumpang, tempat pemberhentian kendaraan umum, tanda-tanda/rambu-rambu dan/atau marka jalan, trotoar bagi pejalan kaki/pemakai kursi roda, dan trowongan penyebrangan.

Sementara itu penyediaan aksesibilitas yangberbentuk non fisik, meliputi pelayanan informasidan pelayanan khusus. Hal ini dilaksanakan bertujuanuntuk memberikan informasi kepada penyandang disabilitas berkenaan dengan aksesibilitas yang tersediapada bangunan umum, jalan umum, pertamanan dan pemakaman umum serta angkutan umum. Pelayanan informasi misalnya dengan sosialisasi peraturan untuk mendapatkan SIM D yang merupakan SIM khusus penyandang disabilitas. Selama ini masih banyak yang belum tahu mengenai SIM khusus tersebut.

Pelayanan khusus dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi penyandang cacat dalam melaksanakan kegiatannya pada bangunan umum, jalan umum, pertamanan dan pemakaman umum serta angkutan umum.

Written by sahabatdisabilitas

December 3, 2012 at 1:34 am

Posted in Lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: